Pengalaman Hunting Gadget Baru

 Yo Blogspot, setelah sekian lama di anggurin akhir nya kangen juga buat nulis-nulis disini, pada kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam memilih gadget sesuai dengan budget yang mungkin bisa jadi inspirasi buat temen-temen dalam memilih gadget untuk dibeli.

Dalam memilih gadget memang diperlukan pengetahuan, teman yang faham teknologi, dan jangan lupa juga kuota untuk mencari riset di platform Youtube, berhubung di tempat kerja saya saya ditunjuk untuk mengelola sosial media yayasan (for the record ini ditunjuk secara sepihak ya, tanpa persetujuan saya terlebih dahulu, berhubung saya fikir ini buat jadi pengalaman kerja saya, yo GAASSS :D) maka dari itu saya melakukan berbagai riset, termasuk bertanya ke teman yang kebetulan baru beli maka timbulah beberapa pertimbangan dan akhirnya pilihan nya jatuh kepada iPhone 11

source : gambar pribadi, di ambil dengan menggunakan kamera Samsung A10, maaf kalo burik :)

Alasan saya mengambil HP tersebut awalnya sih karena saran dari teman yang ternyata sudah menggunakan perangkat iPhone terlebih dahulu dan cerita gimana canggih nya gawai tersebut, dan juga dikarenakan sebagai content creator sosial media yayasan saya diharuskan mempunyai kamera yang cukup mumpuni di segala kondisi, tersedia kamera ultra wide karena menurut saya memang diperlukan dibeberapa kondisi, serta harga HPnya yang sudah turun jauh (walau kenyataannya kalau saya lebih sabar untuk checkout barang nya dalam 1 hari saya bisa menghemat uang sebesar 500 ribu T_T) maka dengan yakin saya meminang Handphone tersebut.


Beberapa contoh pengambilan Foto dan Video dari iPhone 11

Pada saat pertama kali saya gunakan jujur saya agak bingung, karena saya terbiasa dengan perangkat Android yang biasa ada tombol back nya, terus terbiasa juga multi tasking beberapa aplikasi sekaligus membuat saya berfikir apakah saya membuat keputusan yang tepat dengan membeli gawai tersebut, dan ternyata setelah berkonsultasi dengan kawan saya yang sudah menggunakan iPhone sebelumnya saya menjadi yakin telah membuat keputusan yang tepat.

Hal yang membuat saya kagum ada di sektor kamera nya, asli gak ada obat nya emang ini hasil jepretan dari HP iPhone ini, tone warna natural (ini tone warna yang saya suka), HDR luas, Detail mantep (lebih bagus ini buat detailnya dibanding HP saya yang lama yakni Redmi Note 10s yang katanya kameranya sampe 64 MP), pokonya mantep dah hasilnya walau tidak perlu diedit lagi, ditambah adanya fitur live di kamera iPhone yang memungkinkan kita buat simpan Foto sebagai Video, ini berguna banget sih buat tambahan footage kalau dirasa kurang.

Selain hasil jepretan nya yang mantap, ternyata hasil perekaman video nya pun bukan kaleng-kaleng, OIS di kamera nya bukan gimik belaka, hasil video tetap stabil walau pakai resolusi 4K sekalipun, di HP saya yang lama tangan geter dikit sudah pasti langsung pusing pas liat hasil rekaman nya.

Dan yang membuat saya yakin tidak salah beli adalah fitur yang tersedia dalam HP tersebut, dimulai dari hal yang remeh semacam mengeluarkan objek dari sebuah foto secara langsung dengan menekan lama objek yang ingin dipisah, sampai tersedia nya berbagai macam aplikasi seperti video editor by default iMovie (di HP saya yang lama aplikasi bawaan nya malah aplikasi yang kurang guna :P) yang mirip dengan aplikasi Clipchamp di PC windows membuat saya yakin ini memang HP yang ditunjukan oleh seorang content creator.

Speaker di HP ini pun bisa dibilang juara sih, walau di HP saya yang lama juga mempunyai dual speaker tapi asli kerasa banget beda nya, lebih jernih, detail nya dapet, bass nya kerasa, apalagi kalo muter musik lossless di aplikasi apple music, beeeuh berasa dengerin CD pake speaker mahal :)

Selain beberapa kelebihan yang saya sebutin diatas HP ini bukan nya tanpa cela, seperti layar yang masih menggunakan IPS, Resolusi layar yang masih HD, internal yang sesak buat jaman sekarang (kalo ini salah saya yang punya budget nya pas-pasan :D), sulitnya mindahin Foto dari iPhone ke laptop Windows (nah kalo ini entah saya pakai kabel jelek jadi mindahin File yang banyak dan besar sering gagal di tengah jalan atau memang dari sistem nya yang kurang cocok antara IOS dengan Windows, mungkin yang faham bisa coret-coret di kolom komentar), ditambah tidak ada nya settingan untuk private DNS (bisa sih tp enakan di android buat setting Private DNSnya), ini sih yang bikin saya masih tetep megang HP android buat jaga-jaga kalo butuh akses ke situs yang terlalu banyak iklan nya walau cuma pake HP Samsung A10, which is tahun rilis nya sama kaya iPhone 11 tp feel make nya berasa banget beda nya :v

So, segitu dulu kali ya coretan ane tentang pengalaman mencari HP baru, intinya sih di sesuain aja ama kebutuhan dan budget, tapi emang iPhone gk ada obat sih buat urusan bikin konten :D

Komentar