Perayaan Maulid Nabi (25 Januari 2013)

Allahumma Shalli 'ala Syaidina Muhammad.
Allahumma Shalli wa sallim wa baarik 'alaih.

Seluruh umat Islam didunia kemarin merayakan Kelahiran Pedoman Umat Islam didunia Nabi Besar Muhammad SAW, walaupun saya rasa acara perayaannya kurang meriah (kalau ditempat saya sih gitu gan) seperti acara tahun baru atau acara konser dangdutan sekalipun, tetapi setelah membacakan Shalawat-shalawat tersebut saya merasa menjadi lebih tentram, lebih damai, emm pokonya suasana hati jadi lebih enak deh :)

Dan selanjutnya saya akan menceritakan bagaimana serunya perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di kampung saya, menurut surat edaran (wiih mantep ya udah kek sayembara) yang disebar di beberapa mushala termasuk di mushala tempat saya biasa Shalat, seluruh jamaah diundang ke acara perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 24 Januari 2013.

Lalu hari H pun tiba, maka Selepas Shalat Dzuhur kami (Para Jamaah Mushala) berkumpul untuk berangkat bersama-sama, sesampainya di Tempat perayaan kami pun disambut oleh para panitia yang ada disekitar Masjid yang menjadi tempat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, setelah bersalam-salaman dengan panitia yang ada kita pun langsung disuguhi dengan beberapa makanan ringan yang ada.

(suasana di Masjid)


(beberapa makanan kecil yang disediakan panitia)

Kami (tetapi dalam hal ini saya tidak terlibat) pun menyantap makanan tersebut, jika kita lihat foto diatas terdapat banyak anak-anak didekat tempat saya duduk, dan yang saya heran dari anak-anak tersebut adalah nafsu makannya yang sangat tinggi (kebanyakan makan multi vitamin nih -_- ), maka dalam sekejap makanan ringan yang disediakanpun langsung berpindah ke perut mereka, dan saya pun tidak dapat menikmati suguhan tesebut (hahaha bukan rejeki kali yah :p )

(kurang dari 5 menit makanan ringan pun sudah habis -_- )

Tidak lama, acara pun dibuka oleh panitia yang kebetulan beliau adalah guru saya semasa sekolah TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an) dan kami pun langsung mengikuti urutan acara yang ada, dimulai dari wiridan, membaca Shalawat Nabi, Do'a dan pembagian sisihan (bagi yang belum tau sisihan, sisihan adalah sebuah tampah yang berisi berbagai lauk pauk (ntar ada kok fotonya dibawah :D) ), dan yang paling berkesan dari seluruh acara ini adalah pada saat kita membaca Shalawat Nabi, Subhanallah, atmosfir disekitar masjid pun berubah menjadi lebih terasa hidup, para jamaah yang hadir pun turut membaca Shalawat dengan penuh semangat, saya pun saking semangatnya sampai-sampai suara saya sempat serak di tengah-tengah pembacaan Shalawat, tapi karena jamaah yang ada didominasi oleh anak-anak, jadi suasananya pun kurang begitu khidmat, tapi semau itu tertutupi oleh semangat para jemaah yang lain, dan yang membuat suasana kurang khidmat adalah pada saat ditengah-tengah pembacaan Shalawat tiba-tiba ada seorang ibu-ibu yang "menyawerkan" uang receh kepada para jemaah) dan sontak anak-anak pun langsung berebut untuk mendapatkan uang recek tersebut.

(sesaat setelah sawer dilakukan)

Setelah membaca Shalawat acarapun dilanjutkan dengan pembacaan Do'a, setelah pembacaan Do'a selesai, mungkin bagi anak-anak ini adalah acara paling ditunggu-tunggu, yaitu pembagian sisihan, pada saat pembagian berlangsung pun suasana menjadi sangat ramai karena anak-anak yang menurut saya repot sendiri dan kurang sabar berusaha komplain kepada panitia yang melakukan Pembagian sisihan. tapi ya itu yang bikin acara Maulid Nabi SAW dikampung saya menjadi semakin semarak.

(Pembagian Sisihan)

Itulah cerita saya mengenai acara perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, dan sekali lagi saya mohon maaf jika didalam penyusunan cerita ini masih belepotan, maklum masih Nubi gan. hehehe.

Komentar