apa ye judulnye?

Hari ini tuh sebenernya hari yang paling bikin gw males, soalnye mata kuliah yang bakal gw adepin tuh Bahasa Inggris (mungkin dikelas cma gw yang berfikiran kek gini), apalagi sekarang dites lisan (klo td sih dsuruh bikin dialog), makin berat dah rasanya buat cabut ke kampus.
Tapi gw gk kek pengecut yang bisanya kabur doang klo nyelesein masalah (klo mw muntah, muntah aja ye, haha :D ), gw pun berusaha bikin dialog seenteng mungkin (tapi tetep aje yang enteng tuh cma kertasnye doang :( ) sambil nambahin dikit2 draft dialog yang udeh ma temen gw bikin sebelumnya.

N tes pun dimulai, sumpah awalnya gw deg2an banget, tapi gw berusaha buat ngendaliin diri gw ndiri, n pas pada saat giliran, didepan tuh cma ngarang2 lagi hasil yang dah kita tulis sebelumnya (tapi masih tetep stay on the line klo kta Bondan n F2B), n pas tes selesai, dosennya pun sempet bilang klo karya gw ma temen gw tuh dah ckup bagus (biasanya gw di komen trus bro), n lega banget rasanya pas semua itu bisa gw lewatin, n ntah kenapa gw malah jadi nambah semangat buat belajar bahasa inggris, tp yang bikin anehnya tuh minggu depan ntu pertemuan terakhir (memang ironis sekali sodara), tapi ya mw gimana lagi jalanin aja deh kedepannya :D

n buat temen2 yang ngalamin masalah kek ane (susah buat dites lisan) ane pnya cara yang mungkin bisa dipake (nie juga sempet dikasih tw ama dosen ane sih) :

  1. JANGAN NGAPAL (baca : jangan menghafal), memang kebanyakan orang tuh pake cara ini supaya sukses dalem tes lisannya, tp ane yakin klo di hafal semua, pasti pada lupa ntar pas testnya. So gw nyaranin bagian intinya yang nte2 hafalin.
  2. JANGAN TEGANG ini rata2 masalah buat orang yang pendiem kek ane, tegang pas di tes lisan, emang susah sih buat ngilangin rasa tegang ini tuh, tapi asal ada kemauan dari diri lu (n klo buat yang muslim, banyakin dzikir aja :) ), lu pasti bisa ngelawan rasa tegang ini dengan sukses, jaya, gemah ripah loh jinawi :) (tested : gw sendiri barusan)
  3. BUAT SUASANA TES SENYAMAN MUNGKIN, ya ini yang sangat diperluin buat orang yang susah ngomong, pada awalnya juga gw rada2 bingung buat ngomongnya, tapi klo kita dari awal udah bawa suasana enjoy, gw yakin gk ada beban yang lu pikul buat tesnya.
huh cape ngetik mulu
tunggu postingan gw selanjutnya ye.
tapi klo gak mw nungguin juga gak apa2 koq :)

Komentar