Sepeda dan per-upgradeannya


Hay guys, udah lama gk ngisi blog lagi, kali ini gw bakal sharing tentang hobi yang udah cukup lama saya tekunin yaitu mountain biking, atau yang lebih awamnya sepedahan di gunung, awalnya seneng sepedahan itu gara-gara temen kuliah sama temen tongkrongan sering sepedahan, dan karena penasaran lama gak gowes gw pinjem lah sepeda temen gw beberapa hari (emang baek bener ini temen gw, sepeda berhari-hari gw pinjem gk di cariin), sepeda yang gw pinjem yaitu Polygon Broadway 3.0, yang kata orang ini sepeda itu sepeda jelek karena suspensi belakangnya terlalu sering mantul-mantul, tp buat gw sih gk masalah, mungkin karena berat badan gw yang Cuma 50 kg jadi gk berasa anehnya.
Gak lama dari situ gw ngerasa gw harus punya sepeda sendiri, dari situ gw minta temenin sama temen gw buat milih sepeda di deket tempat magang gw dulu, nama toko nya kamurang bike, diantara banyak pilihan yang ada dan budget yang sangat mepet maka gw pilih sepeda dengan bahan framenya dari alumunium yang paling murang yaitu Exotic 2612, kenapa yang bahannya alumunium? Kalo besi soalnya bobotnya lumayan berat, jadi buat gowes jarak jauh bakal kerasa berat, kurang lebih penampakan barunya kayak gini:


Pada saat sepeda ini baru beli ane rasa ada beberapa hal yang harus diganti, pas dipake kurang begitu nyaman di gw, maka dari itu gw mencoba upgrade beberapa komponen sepeda biar sepedahan gw makin nyaman, mungkin temen-temen yang mau nyicil upgrade sepedanya bisa ikutin saran gw ini, gw urutin berdasarkan tingkat prioritas yang mesti di upgrade duluan dan juga yang enggak terlalu mahal

  1. Handlebar dan Stem

Handlebar dan Stem biasanya di sebut setang dan lehernya sepeda, handle bawaan sepeda murapada umumnya punya posisi yang bikin bungkuk banget udah kayak naek motor sport, bagian pinggang jadi pegel banget, belum lagi bobotnya yang biasa lebih berat jadi buat manuver agak susah, maka dari itu gw  ganti handlebar yang tipenya riser dan juga ganti stem dengan yang ukurannya lebih pendek, pas udah gw upgade, sakit pinggang yang biasanya timbul mulai jarang-jarang timbulnya
Biasanya buat upgrade handlebar ama stem siapin aja budget 250 ribuan, untuk kasus sepeda ane ane pake handlebar dari united xc harganya 120 ribu stemnya ane make zoom 3D yang harganya 100 ribu (harga di tahun 2017) 

      2.       Seatpost



Seatpost adalah besi yang menghubungkan sadel/jok sepeda dengan frame sepeda kalian, untuk sepeda yang harganya murah kayak gw, seatpost bawaan bahannya terbuat dari besi, dan cepet banget berkarat, dari pada pas gw gowes patah ditengah jalan maka gw pilih untuk ganti dengan yang bahannya alumunium, selain lebih ringan juga lebih tahan ama karat.
Buat sepeda ane ane pilih seatpost merek united yang hargnya 90 ribuan

     3.       Freewheel/Sprocket megarange


Sepeda yang harganya dibawah 2 juta biasa punya hub yang tipe nya ulir (untuk penjelasan hub kalian bisa googling aja ya, kalo di jelasin disini bakal panjang banget), gw saranin buat upgrade gear belakangnya pake yang megarange, selain buat shiftingnya (pindah gigi) jadi lebih enak, juga dalam keadaan nanjak sepeda akan terasa lebih enteng karena mati gigi nya yang lebih banyak dari pada bawaan, dan ini gak perlu mengganti komponen lainnya seperti rear derailur, rantai, maupun hubnya.
Untuk harga biasanya 100 ribuan sama biaya pasangnya

Kayaknya dengan upgrade yang ngabisin biaya gak lebih dari 500 ribu, sepeda kalian bakal jadi lebih nyaman dipakainya, mungkin buat kedepannya gw bakal ngasih tau upgrade lainnya jika sepeda sudah dipakai bertahun-tahun agar terasa seperti baru, sekian corat coret ala kadarnya gw kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat buat yang mau upgrade sepeda tapi dengan biaya yang gk terlalu mahal
see you on the next blog

Komentar